3 Aspek Digitalisasi yang dapat dilakukan oleh Perusahaan

Digitalisasi merupakan proses pembaharuan sistem yang tadinya masih manual menjadi digital. Pada dasarnya segala hal terkait komunikasi, interaksi, approval, dan sistem pada Perusahaan sepenuhnya akan diubah menjadi digital. Hal ini merupakan langkah yang perlu diambil oleh Perusahaan ditengah perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan efisiensi dalam proses bisnis dan operasional Perusahaan serta agar tidak tertinggal dari kompetitor.

Digitalisasi pada Perusahaan dapat dimulai dari hal sederhana seperti mengganti absensi menjadi digital hingga menggunakan aplikasi pencatatan keuangan dan aset. Dengan menerapkan digitalisasi, karyawan akan lebih mudah dalam melakukan berbagai pekerjaan dan kinerja karyawan menjadi meningkat. Berikut 3 aspek digitalisasi yang dapat dilakukan oleh Perusahaan:

1. Menggunakan Aplikasi Human Resource 

Aplikasi HR penting untuk digunakan oleh Perusahaan dalam melakukan pendataan karyawan. Aplikasi HR akan mencakup semua data para karyawan mulai dari absensi, pengajuan cuti, salary dan benefit lainnya yang dimiliki oleh karyawan. Administrasi karyawan dan operasional HRD akan menjadi lebih mudah apabila Perusahaan menggunakan aplikasi Human Resource.

2. Menggunakan Aplikasi yang terintegrasi antar Divisi

Banyaknya divisi pada Perusahaan pastinya ada proses kerja yang berhubungan antara satu divisi dan lainnya. Sebagai contoh ketika melakukan pembelian barang biasanya Divisi General Affair akan melakukan permintaan kepada Divisi Purchasing yang melakukan pembelian kemudian ke Divisi Finance yang melakukan pembayaran. Walaupun menggunakan aplikasi yang berbeda tetapi terintegrasi maka akan semakin mempermudah dalam proses kerja karena sistem tersebut akan terhubung secara fungsional dan dapat mengurangi human error bahkan duplikasi data.

3. Menggunakan Website atau Marketplace untuk menjual Produk Perusahaan

Website Perusahaan merupakan hal pertama yang dicari dan dilihat oleh calon customer ketika mencari produk dan solusi yang ingin digunakan. Selain itu, banyaknya marketplace yang ada juga dapat membantu para customer dalam menemukan hal yang diinginkannya. Perusahaan perlu beradaptasi dengan hal ini sehingga harus memiliki website bisnis sendiri maupun menjual produk dan solusinya di Marketplace.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *